Jumat, 20 Juli 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :  
Mata Pelajaran            :   Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester             :   V/1
Alokasi Waktu             :   2x35 menit

I.            Standar Kompetensi       :
Siswa mengkomunikasikan, menilai dan berkaya benda pakai yang mengandung unsur tekstur dengan berbagai teknik dalam lingkup wawasan lingkungan setempat

II.            Kompetensi Dasar
Berkarya membuat benda pakai yang mengandung unsur tekstur dengan berbagai teknik

III.            Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif: Proses
1.      Mengidentifikasi menganyam berbagai bentuk objek dua dimensi
2.      Mengidentifikasi menganyam berbagai bentuk dan warna tentang karya dua dimensi menggunakan bahan yang ada dalam alam sekitar

 Kognitif: Produk
1.      Menyebutkan  menganyam berbagai bentuk objek dua dimensi
2.      Menjelaskan menganyam berbagai bentuk dan warna tentang karya dua dimensi menggunakan bahan yang ada dalam alam sekitar

Psikomotor
1.      Membuat  anyaman berbagai bentuk objek dua dimensi
2.      Membuat anyaman berbagai bentuk dan warna tentang karya dua dimensi menggunakan bahan yang ada dalam alam sekitar

 Afektif
Perilaku Berkarakter (individu)
1.      Melakukan komunikasi: bertanya dan berpendapat.
2.      Menghargai pendapat orang lain.
3.      Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Afektif Keterampilan Sosial
Melaksanakan Kerja sama.

IV.            Tujuan Pembelajaran
Kognitif: Proses
1.      Siswa mampu mengidentifikasi menganyam berbagai bentuk objek dua dimensi
2.      Siswa dapat mengidentifikasi menganyam berbagai bentuk dan warna tentang karya dua dimensi menggunakan bahan yang ada dalam alam sekitar

Kognitif: Produk
1.      Siswa mampu menyebutkan menganyam berbagai bentuk objek dua dimensi
2.      Siswa dapat menjelaskan menganyam berbagai bentuk dan warna tentang karya dua dimensi menggunakan bahan yang ada dalam alam sekitar

Psikomotor
1.      Siswa dapat membuat  anyaman berbagai bentuk objek dua dimensi
2.      Siswa mampu membuat anyaman berbagai bentuk dan warna tentang karya dua dimensi menggunakan bahan yang ada dalam alam sekitar
    
Afektif
Perilaku Berkarakter (individu)
1.        Siswa dapat melakukan komunikasi: bertanya dan berpendapat.
2.        Siswa mampu menghargai pendapat orang lain.
3.        Siswa dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Afektif Keterampilan Sosial
Siswa mampu melaksanakan Kerja sama.

v  Karakter siswa yang diharapkan      :
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes), cinta tanah air dan  Kewarganegaraan ( citizenship )

V.            Materi Pembelajaran
o  Berbagai benda pakai yang dibuat dari bahan bertekstur nyata dan semu, baik bahan alam maupun buatan dengan berbagai teknik.

VI.            Sumber Pembelajaran,  Alat yang diperlukan
v  Sumber belajar
-      Pengetahuan awal tentang anyaman
-      Teman sebaya
-      Buku pelajaran
-      Contoh anyaman dari guru

v  Alat yang diperlukan
-      Kertas
-      Gunting
-      Penggaris
-      Alat tulis

VII.            Metode Pembelajaran
1.      Model        : Cooperative Learning
2.      Metode     :
a.    Ceramah
b.    Tanya jawab   
c.    Praktik

VIII.            Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Metode
Alokasi
Waktu
1.
Kegiatan Awal
*   Guru membuka kegiatan pembelajaran (mengucap salam dan berdoa).
Ceramah
7 menit
*   Guru mempresensi kehadiran siswa
*   Guru menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran.
*   Guru membacakan tujuan pembelajaran dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
*   Guru melaksanakan apersepsi (menggali pengetahuan siswa dengan melakukan tanya jawab tentang anyaman).
Tanya Jawab
3 menit
2.
Kegiatan Inti
& EKSPLORASI :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
@  Siswa diminta untuk mempersiapkan peralatan yang akan digunakan.
@  Siswa diminta untuk mengamati contoh anyaman yang ditunjukkan oleh guru dan diminta untuk mendengarkan penjelasan mengenai contoh tersebut.
Ceramah
10 menit
& ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
@  Siswa didampingi guru mulai mengukur dan memotong kertas yang digunakan untuk menganyam.
@  Siswa dengan bimbingan guru mulai membuat anyaman dengan langkah-langkah yang dicontohkan oleh guru.
@  Siswa melanjutkan secara mandiri anyamannya.
@  Guru membimbing sambil melakukan penilaian kerja (psikomotor)


Ceramah
Praktik
Tanya jawab
35 menit


& KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
@  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya jika ada hal-hal yang berhubungan dengan materi yang belum dipahami.
@  Siswa diminta untuk melanjutkan dirumah tugas yang belum selesai.
Tanya Jawab, Penugasan
5 menit
3.
Kegiatan Penutup
*   Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Ceramah
10 menit
*   Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
*    Guru mengadakan refleksi
*   Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
*   Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam.

IX.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Siswa mampu menyebutkan menganyam berbagai bentuk objek dua dimensi
­      Tes Tulis
-     Unjuk kerja
-     Sebutkan menganyam berbagai bentuk objek dua dimensi
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Praktik


Sikap
* aktif praktik
* kadang-kadang praktik
* tidak praktik
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.






Madiun, 19 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SDN ............




(                                   )


Guru SBK




(                           )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar